Cara Merawat Kenari Mabung Supaya Cepat Gacor

Cara Merawat Kenari Mabung Supaya Cepat Gacor Mabung atau yang juga umum dikenal dengan istilah molting merupakan proses rontoknya bulu pada burung. Hal ini juga merupakah hal biasa yang dialami oleh semua burung, termasuk kenari. Pada saat kenari mabung itulah bulu kenari yang sudah kering dan rusak akan berjantuhan, lalu bergantikan dengan bulu baru. Proses mabung pada burung kenari terjadi secara periodik dan alami. dan umumnya proses mabung akan berlangsung antara 2 hingga 3 bulan. Nah, Agar proses perontokan bulu ini dapat berjalan dengan sempurna, maka anda haru tahus cara merawat kenari mabung dengan tepat.

Baca juga :  Cara Merawat Kenari Bakalan
Baca juga : Cara Merawat Kucing Persia

Tahukah anda? pada saat kenari mengalami proses mabung atau molting ini, maka pada saat itulah sebagian energinya digunakan untuk proses perontokan bulu tersebut, lalu berlanjut hingga bulu barunya mulai tumbuh menggantikan bulu yang lama. Oleh karena itu kenari yang sedang mengalami fase mabung ini perlu diberikan pakan yang mengandung cukup gizi seperti telur puyuh, dsb.   Mengenai ciri­-ciri kenari mabung dan penyebabnya bisa anda simak selengkapnya di bawah ini.
Cara merawat Kenari Mabung

Ciri­-ciri kenari mabung:
1.  Kenari jadi malas berkicau atau jika tidak intensitas gacornya berkurang.
2.  Bulu kenari banyak yang berjatuhan atau rontok.
3.  Pada tubuh kenari telihat bulu­bulu muda yang baru tumbuh.

Faktor penyebab kenari mabung:
1.  Faktor umur, untuk kenari muda umumnya mulai mengalami masa mabung atau rontok bulu pada umur 4 bulan. Dan untuk kenari dewasa biasanya setiap 6 bulan sekali, hal in bisa saja kurang atau lebih tergantung faktor lainnya.
2.  Faktor pakan, pemberian pakan yang mengandung panas berlebih dapat
mempercepat proses mabung kenari, seperti biji niger seed.
3.  Faktor alam, cuaca yang ekstrim serta perubahannya yang tidak menentu.
4.  Faktor alami, bila burung kenari sudah memasuki masa mabung, maka secara kodratnya bulu kenari akan ambrol dengan sendirinya.

Nah, setelah sobat mengetahui beberapa ciri­ciri kenari mabung serta faktor penyebabnya, yuk mari kita ke tahap tips perawatan kenari mabung.

Adapun cara merawat kenari mabung, maka bisa langsung anda baca tips nya di bawah ini:
1.  Burung kenari yang sedang mabung, sebaiknya dikerodong, agar kenari lebih tenang serta proses mabungnya bisa cepat tuntas.
2.  Jangan memandikan kenari yang sedang mabung.
3.  Jangan menjemur burung kenari yang sedang mengalami proses pergantian bulu.
4.  Kenari yang mabung, baiknya ditempat pada tempat khusus agar bulunya yang rontok tidak terbang kemana­mana.
5.  Berikan pakan ekstra fooding atau makanan kenari yang mengandung banyak nutrisi seperti telur puyuh rebus, sawi, kecambah, tulang sotong, buah apel serta vitamin khusus kenari mabung.
6.  Kenari yang sedang mabung umumnya tidak bisa tampil prima, tidak gacor seperti biasanya, maka dari itu, ini merupakan waktu yang tepat untuk memaster kenari, diharapkan saat kenari selesai mabung bisa tampil powerful dengan kicauannya yang lebih mantap karena sudah dimaster dan diringi dengan bulu barunya yang berkilauan.

Demikianlah penjelasan serta tips cara merawat kenari mabung supaya cepat gacor yang bisa kami bagikan pada sobat kenari mania semua. Berharap burung kenari anda yang sedang mabung mendapatkan perawatan yang tepat, sehingga kenari dapat melewati proses berganti bulu dengan mulus serta berlangsung pada waktu yang semestinya. Semoga bermanfaat.


Title: Cara Merawat Kenari Mabung Supaya Cepat Gacor
Posted by:ahmad sabani
Published :2016-01-22T07:00:00-08:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Cara Merawat Kenari Mabung Supaya Cepat Gacor

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Merawat Kenari Mabung Supaya Cepat Gacor"

Posting Komentar